Gaya Hidup Tidak Sehat Menjadi Penyebab Susah Hamil

Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, sering begadang, dan makan junk food merupakan penyebab susah hamil, penuaan dini dan gangguan kesehatan lainnya.

Gaya hidup yang tak sehat ini perlu ditinggalkan sedini mungkin. Selin mempengaruhi organ reproduski, kesehatan organ-organ tubuh yang penting seperti Jantung, hati, dan ginjal juga bisa terpengaruh.

Berikut ini adalah beberapa penyebab susah hamil pada pria dan wanita:

  • Merokok : Dari sebanyak 4800 wanita yang menjadi pasien di rumah sakit Roswell Park, diambil 4 dari 5 responden mengaku bahwa mereka adalah perokok aktif. Ditemukan 11% wanita mengalami kesulitan hamil sementara 1/3nya mengalami kegururan di waktu masa kehamilan dan tidak hanya satu kali. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh Dr Kenneth Piazza dan Luke Peppone dari Universitas Rochester. Wanita yang orang tuanya merokok juga memiliki resiko sulit hamil. Pada penelitian ditunjukkan sebanyak 26%. Sementara wanita yang merupakan perokok pasif memiliki resiko keguguran sebanyak 39%.
  • Minuman beralkohol : Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan di Denmark, kemampuan wanita untuk memiliki keturunan menurun dibarengi dengan seringnya meminum minuman beralkohol. Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 430 pasangan yang ingin memiliki keturunan. Oleh karena itu, bagi pasangan yang cepat ingin memiliki momongan sebaiknya hindari penyebab susah hamil yang satu ini.
  • Kafein : Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi menyebabkan pembuluh darah ke rahim menjadi tegang. Karena itulah pembuahan sulit terjadi. Selain kopi, minuman lain yang menjadi penyebab susah hamil adalah teh dan cola, meskipun konsentrasi kafeinnya tidak terlalu tinggi.
  • Terlalu banyak berolahraga : Olahraga memang dianjurkan dan baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi jangan lakukan olahraga terlalu berat. Wanita yang terlalu keras melakukan olahraga ternyata dapat kehilangan sejumlah lemak yang justru penting untuk memoproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen sendiri sangat berperan dalam proses ovulasi. Sebaiknya lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap harinya. Olahraga yang terlalu keras pada pria juga dapat memacu ketidaksuburan. Olahraga yang terlalu keras menyebabkan testis menjadi panas sehingga sprema mati.
  • Nasi Putih : Ternyata nasi putih juga merupakan salah satu faktor penyebab susah hamil. Nasi putih sangat mudah dicerna sehingga kadar gula dalam darah mudah sekali naik. Dampaknya, produksi insulin juga akan naik. Kadar hormon insulin yang terlalu tinggi berpengaruh negatif pada proses kehamilan. Solusinya, coba ganti nasi putih dengan sumber karbohidrat yang lain seperti pada roti, ketela, beras merah, atau nasi jagung. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi sayur dan buah segar setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *