Hal yang paling menyenangkan di dalam hidup ini adalah ketika kita punya banyak teman yang bisa saling dekat dan akrab sekaligus dapat saling berbagi.

Namun bagaimana jadinya jika pada suatu saat diantara mereka ada yang berselisih oleh suatu sebab. Tentu hal ini bisa menjadikan perasaan kita tidak enak.

Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar perselisihan tersebut bisa hilang dan persahabatan dapat terus berjalan.

ips tersebut antara lain hubungi mereka satu persatu dan tanyakan apa yang menjadi masalah mereka sehingga timbul perselisihan lalu pelajari sumber penyebab utamanya.

Bila jalan keluar untuk mengatasi masalah ini sudah ketemu, hubungi mereka lagi dan berilah saran-saran yang sekiranya bisa diterima oleh kedua belah pihak.

Istilahnya adalah win-win solution. Jika sudah ada kata sepakat, pertemukan kedua pihak yang berselisih ini lalu temani mereka untuk bicara dan berdiskusi.

Tips lain yang bisa ditempuh, ajak mereka untuk melakukan kegiatan yang sebelumnya sering dilakukan bersama yang sifatnya menyenangkan.

Setelah itu dengan alasan tertentu tinggalkan mereka berdua. Pasti mereka akan merasa tidak nyaman jika hanya saling berdiam diri saja. Dari sini salah satu teman yang berselisih tersebut akan memulai suatu pembicaraan. Selanjutnya akan terjadi komunikasi yang baik dan lambat laun perselisihan itu akan hilang dengan sendirinya.

Teknik ini juga bisa diterapkan pada tempat kerja atau kantor, terutama jika kita punya posisi sebagai atasan mereka.

Berilah mereka tugas kerja yang jenisnya hanya bisa dikerjakan berdua, tidak secara sendiri-sendiri. Mau tidak mau teman yang berselisih itu akan saling berbicara demi tugas yang harus diselesaikan. Sehingga terjalinlah suatu komunikasi yang baik. Pada akhirnya teman tersebut dapat berdamai dan kembali menjadi sahabat yang akrab.

Demikian pula bila orang yang berselisih merupakan anggota keluarga atau anak sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberi mereka pekerjaan rumah tangga secara bersama-sama. Jika ingin tugas tersebut bisa selesai dengan baik, tentu harus ada komunikasi yang lancar juga.

Jadi setelah pekerjaan itu selesai dan kita memberi pujian pada dua anak tersebut, tentu menimbulkan rasa senang bersama dan secara otomatis perselisihan yang terjadi sebelumnya bisa terlupakan.

Lalu bagaimanakah jika mereka tidak mau menjalankan tugas tersebut. Beri saja ketegasan serta penjelasan jika tidak mau mengerjakannya, maka pekerjaan yang lain bisa terbengkalai dan akan menemui kegagalan yang besar.

Jika mereka mau berpikir secara rasional, tentu hal ini membuat mereka tetap mau menjalankan tugas.

Jadi perselisihan yang terjadi akan dikesampingkan dan membuat mereka mau berdamai kembali.

sian antara teman, cara berselisih dengan pihak orang lain, tip mendamaikan perselisihan, menghadapi teman yang sedng berselisih dengan orang lain, menghadapi teman sedang berselisih, menghadapi teman berselisih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *